Seleksi
Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama 3
Tahun 2020

Total Pendaftar sampai dengan Rabu, 02 Desember 2020 Pukul 13:35 WIB, sebanyak 12 Pelamar

Hasil Seleksi Administrasi, Jadwal Tes Penulisan Makalah dan Jadwal Tes Asesmen JPT Pratama III
Pengumuman Perpanjangan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama III

Informasi lengkap dapat dibaca pada laman dibawah ini

Tentang Seleksi

Kami mengundang para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri melalui seleksi terbuka dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan ketentuan perundang-undangan yang terkait, dengan ketentuan sebagai berikut:


Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang akan diisi

No. Nama Jabatan Eselon
1 Direktur Telekomunikasi II.a
2 Direktur Pengendalian Pos dan Informatika II.a

Seluruh proses pelaksanaan Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama tahun 2020 diumumkan melalui laman https://seleksi-pratama-3.kominfo.go.id





Deskripsi Jabatan

* Klik Jabatan untuk melihat Informasi lebih lengkap

  • #1 Melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria;
  • #2 Memberikan bimbingan teknis dan supervisi;
  • #3 Melaksanakan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang standardisasi teknis dan keamanan penyelenggaraan penomoran telekomunikasi dan informatika, pelayanan perizinan, peningkatan aksesibilitas dan konektivitas penyelenggaraan telekomunikasi dan telekomunikasi khusus di lingkungan Direktorat Penyelenggaraan Pos dan Informatika.
  • #1 Melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria;
  • #2 Memberikan bimbingan teknis dan supervisi;
  • #3 Melaksanakan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengendalian pos dan informatika;
  • #4 Melaksanakan intensifikasi penerimaan negara bukan pajak di bidang penyelenggaraan pos dan telekomunikasi berdasarkan ketentuan perundang-undangan;
  • #5 Menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan tugas operasional di bidang pengendalian pos dan informatika.
  • Persyaratan Umum

    Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama tahun 2020 membuka pendaftaran calon Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama tahun 2020 mulai tanggal 10 November 2020 s.d. 14 November 2020, bagi yang memenuhi Persyaratan Umum sebagai berikut:
    • #1 Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil;
    • #2 Tidak pernah berkedudukan sebagai pengurus atau anggota partai politik yang dibuktikan dengan pernyataan tidak berkedudukan sebagai pengurus atau anggota partai politik;
    • #3 Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap yang dibuktikan dengan pernyataan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap (dari Inspektorat Jenderal Kementerian/ Lembaga terkait);
    • #4 Telah mendapatkan rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi Pusat (Menteri/Kepala LPNK) dan Instansi Daerah (Kepala Daerah). Dibuktikan dengan Surat Persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian yang memberikan izin untuk mengikuti rangkaian seleksi terbuka pengisian JPT Pratama di lingkungan Kementerian Kominfo;
    • #5 Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana/ Pasca Sarjana dari lulusan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang program studinya terakeditasi atau lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ijazahnya telah mendapatkan penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
    • #6 Berusia setinggi-tingginya 56 (lima puluh enam) tahun pertanggal 31 Desember 2020;
    • #7 Sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator atau Jabatan Fungsional jenjang Ahli Madya paling singkat 2 (dua) tahun;
    • #8 Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Tingkat I, golongan ruang IV/b atau Jenjang Ahli Madya untuk Jabatan Fungsional;
    • #9 Diutamakan telah mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan/ atau bentuk pendidikan lain yang setara;
    • #10 Semua unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir (SKP tahun 2018 dan SKP tahun 2019);
    • #11 Memiliki pengalaman Jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan Jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 5 (lima) tahun;
    • #12 Telah menyerahkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) bagi yang diwajibkan dan SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) tahun 2019.

    Jadwal Seleksi

    No. Kegiatan Tanggal
    1 Pengumuman 10 November - 14 November 2020
    2 Penerimaan Berkas Lamaran 10 November - 14 November 2020
    3 Seleksi Administrasi 11 November - 16 November 2020
    4 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 18 November 2020
    5 Pelaksanaan Tes Penulisan Makalah 20 November 2020
    6 Pelaksanaan Tes Assessment 24 November - 25 November 2020
    7 Pengumuman Hasil Makalah dan Assesment Test 4 Desember 2020
    8 Pelaksanaan Tes Wawancara (online) 8 Desember - 9 Desember 2020
    9 Pengumuman Hasil Seleksi 3 (tiga) Besar 23 Desember 2020
    *jadwal sewaktu-waktu dapat berubah

    Tata Cara dan Kelengkapan Dokumen

    Pendaftaran dan penyampaian dokumen kelengkapan administrasi hanya dilakukan secara daring melalui laman https://seleksi.kominfo.go.id, dengan mengunggah hasil pemindaian (scan) dokumen sebagai berikut:
    A. Pelamar hanya diperbolehkan mendaftar untuk 1 (satu) jabatan saja dengan menyebutkan jabatan apa yang akan dilamar pada Surat Lamaran;
    B. Seluruh berkas administrasi merupakan berkas ASLI yang discan dengan format .pdf (kecuali foto dan KTP dengan format .jpg) dan ukuran maksimal 5 MB per dokumen dengan nama file: NAMA DOKUMEN_NAMA PELAMAR (contoh: KTP_RIO );
    C. Pendaftaran dan penyampaian dokumen kelengkapan administrasi hanya dilakukan secara daring mulai tanggal tanggal 10 November 2020 s.d. 14 November 2020 melalui laman http://seleksi-pratama.kominfo.go.id, dengan mengunggah hasil pemindaian (scan) dokumen sebagai berikut:
    • #1 Surat Lamaran ditujukan kepada Ketua Panitia Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Komunikasi dan Informatika;
    • #2 Soft file foto terbaru berwarna dengan latar belakang warna merah ukuran 3R;
    • #3 Daftar Riwayat Hidup;
    • #4 Kartu Tanda Penduduk;
    • #5 Ijazah terakhir;
    • #6 Surat Keputusan Pengangkatan dalam jabatan terakhir;
    • #7 Surat Keputusan Pengangkatan dalam pangkat terakhir;
    • #8 Sertifikat diklat teknis maupun fungsional yang berkaitan dengan jabatan yang dilamar (apabila ada);
    • #9 Sertifikat pendidikan dan pelatihan kepemimpinan dari Lembaga Pendidikan dan Pelatihan yang terakreditasi (apabila ada);
    • #10 Penilaian Prestasi Kinerja 2 (dua) tahun terakhir secara lengkap yang disahkan oleh pejabat yang berwenang;
    • #11 Tanda bukti telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) Tahun 2019;
    • #12 Tanda bukti penyerahan SPT Tahun 2019;
    • #13 Pakta Integritas.
    • #14 Surat Persetujuan PPK yang memberikan izin untuk mengikuti rangkaian seleksi terbuka pengisian JPT Pratama di lingkungan Kominfo;
    • #15 Surat Pernyataan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap dari Inspektorat Jenderal Kementerian/ Lembaga terkait;
    • #16 Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp6000,- yang menyatakan bahwa pendaftar:
        a. Bersedia dilakukan Klarifikasi Rekam Jejak;
        b. Tidak berkedudukan sebagai pengurus atau anggota partai politik;
        c. tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang/berat yang ditandatangani oleh Pejabat yang Berwenang (PyB);
        d. Menyatakan kebenaran dan keabsahan data;
    • #17 Berkas yang kurang dan tidak lengkap dianggap gugur.
    Formulir Lampiran dan info lebih lanjut dapat diunduh disini
    Ketentuan lainnya:
    • #1 Berkas administrasi pelamar yang diproses untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
    • #2 Proses dan tahapan seleksi ini tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun;
    • #3 Setiap perkembangan informasi seleksi ini akan disampaikan melalui laman http://seleksi.kominfo.go.id. Kelalaian tidak mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab pelamar;
    • #4 Seluruh biaya akomodasi, transportasi, kelengkapan administrasi, dan biaya pribadi yang dikeluarkan oleh pelamar selama melaksanakan proses seleksi ditanggung oleh pelamar;
    • #5 Pelamar yang memberikan keterangan/data dengan tidak benar, maka keikutsertaan/kelulusan sebagai peserta/pelamar dapat digugurkan secara sepihak oleh Panitia;
    • #6 Keputusan Panitia Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Komunikasi dan Informatika bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat sesuai ketentuan perundang-undangan; dan
    • #7 Dalam hal membutuhkan penjelasan terkait teknis administratif, dapat menghubungi Sekretariat Panitia Seleksi JPT Pratama di alamat email: pansel@kominfo.go.id

    SEKRETARIAT PANITIA SELEKSI
    Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Komunikasi dan Informatika
    Biro Kepegawaian dan Organisasi
    Gedung B Lantai VII
    Jln. Medan Merdeka Barat No.9
    email: pansel@kominfo.go.id